Berita pujasintara

VIRTUAL EXPERIENCE GOES TO PERPUSNAS | SDS HARAPAN PRESTASI Jakarta Timur

Image

Sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan Field Trip, Sekolah Harapan Prestasi, Jakarta Timur mengajukan permohonan untuk mengikuti virtual tour yang pekan lalu telah terselenggara bersama Perpustakaan Nasional RI. Adapun tujuan dari virtual tour ini adalah untuk mengetahui kegiatan dan aktivitas yang terdapat di Perpustakaan Nasional untuk nantinya bisa menjadi acuan siswa/i agar memiliki literasi membaca yang tinggi untuk menambah pengetahuan. Kegiatan telah dilaksanakan pada Jumat, 12 November 2021 Pukul 13.00 – selesai. Jumlah peserta dalam kegiatan virtual tour adalah 120 orang dari siswa kelas 1 dan 2 Sekolah Harapan Prestasi, Jakarta Timur.

Kegiatan virtual tour diawali dengan senam bersama yang dipandu oleh ibu guru Sekolah Harapan Prestasi. Pelaksanaan virtual tour dibagi menjadi 4 sesi yaitu, sesi penjelasan Gedung dan Fasilitas Layanan Perpusnas melalui video 360°, Read Aloud, Tanya Jawab dan Sulap Edukatif. Sebeum masuk ke sesi materi, sambutan di sampaikan oleh Pustakawan Kunjungan, Erni Nur Maulina. Selanjutnya masuk ke sesi materi, pemaparan dilakukan oleh Tim Layanan Kunjungan dan Tur Perpustakaan, Kak Barnie (Erni Nur Maulina) dan Kak Resti (Resti Fatmawati) memberikan penjelasan mengenai layanan-layanan yang ada di Perpusnas RI yang dipaparkan dengan tampilan video 360° . Layanan-layanan yang tersampaikan berupa Layanan Grha Literasi mengenai sejarah singkat aksara sampai literasi. Lobby Perpusnas di lantai 1, mengenai tata cara menyimpan barang ke loker penitipan. Layanan Informasi dan Keanggotaan di lantai 2, penjelasan mengenai tata cara dan syarat pembuatan kartu anggota Perpusnas. Virtual tour selanjutnya menjelajah ke Layanan Anak di lantai 7, penjelasan mengenai tata cara, syarat, dan masa peminjaman koleksi. Perjalanan akhir sesi virtual tour 360° adalah menjelajah Layanan Budaya Nusantara di lantai 24, di sana para siswa dipetunjukkan beberapan contoh kesenian, mulai dari alat musik angklung dan kecapi, kain Nusantara dari Batik dan Tenun Buna, serta balkon utara yang menampilkan pemandangan Monas. Metode pemaparan materi dalam kunjungan virtual kali ini adalah dengan berdialog santai antara Kak Barnie dan Kak Resti, harapannya anak-anak tidak bosan dan mudah menerima penjelasan.

Pada sesi ke dua, Read Aloud atau membaca secara nyaring dibawakan oleh Kak Prima, Pustakawan dari Layanan Anak. Kak Prima membacakan cerita berjudul The Hardworking Bee karangan Sri Ulina dan ilustrator Evelline Andrya. The Hardworking Bee ini mengamanatkan bahwa kita harus selalu bekerja keras dan rajin dalam bekerja, seperti Lobi yang rajin mengumpulkan madu. Sebelum masuk sesi Sulap Edukatif, dilakukan sesi tanya jawab. Sebanyak empat siswa bertanya dengan dipandu oleh Bu Rossa, Guru Sekolah Harapan Prestasi, Jakarta Timur.

Sesi Sulap Edukatif dibawakan oleh Ayah Daffa (Pak Abdul Rahim), Pustakawan Layanan Anak dan Kak Resti. Sulap Edukatif kali ini mempertunjukkan trik merubah tumpukan kartu menjadi beberapa lembar uang dan merubahnya lagi menjadi kartu ATM dan seketika tumpukan kartu berubah setelah Ayah Daffa mengucapkan kata ajaibnya “Dengan Membaca Pasti Bisa”. Dalam Sulap Edukatif ini mengajarkan anak tentang berhitung dan rajin membaca tentunya. Sesuai dengan kata ajaib Ayah Daffa (Pak Abdul Rahim) “Dengan Membaca Pasti Bisa”, kita dapat bermimpi menjadi apa dan melakukan apa saja dimulai dari membaca pastinya. Keseluruhan rangkaian acara secara lengkap dapat ditonton ulang di Youtube WBS Radio Perpusnas dengan alamat link berikut https://www.youtube.com/watch?v=5mFd18-0WGk.